pagi dibulan mei..

11 May 2010

Setiap pagi untuk menuju ke kantor aku selalu menunggu angkutan umum di bawah jembatan penyebrangan dekat rumah. Dan seperti biasanya, sesosok lelaki usia senja itu sedang mempersiapkan dagangannya.Walaupun hari masih sangat pagi, tapi Beliau dengan semangat membersihkan dan merapikan dagangannya berupa alat-alat tulis seperti pulpen dan pensil.

Tak sedikitpun tampak kelelahan diraut wajahnya, sambil bersenandung lagu-lagu tempo dulu dia sangat menikmati pekerjaannya. Notabene di usia senja yang seharusnya dia bisa menikmati masa tuanya, tapi karena tuntutan ekonomi dia tetap harus membanting tulang untuk menghidupi istri dan cucu-cucunya yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

Sebenarnya nama aslinya adalah Suratman, tapi beliau lebih suka dipanggil dengan sebutan Pak Sur. Pak Sur sudah berdagang di bawah jembatan kurang lebih dua tahun. Sudah banyak yang pekerjaan yang Beliau lakoni dari menjadi tukang kredit alat-alat rumah tangga keliling, kuli bangunan, berjualan gado-gado, sampai tukang jahit keliling. Tapi karena di usia yang semakin renta dan tenaga yang sudah tidak sekuat waktu masa muda, akhirnya Beliau memilih untuk berdagang alat-alat tulis seperti saat ini.

Kadang-kadang sambil menunggu angkutan, kami (red:calon penumpang) dan Pak Sur sering ngobrol bersama, entah itu tentang pekerjaan dikantor yang menumpuk ataupun tentang perjalanan hidup beliau. Tak jarang disela-sela obrolan kami, Beliau selingi dengan nasihat-nasihat hidup yang sederhana. Yang paling kuingat sampai sekarang adalah “jangan takut menghadapi masalah, dan biarkanlah Allah SWT yang meyelesaikannya”.And its work guys to me!.. :)

Sudah hampir seminggu ini aku dan teman-teman tidak melihat sosok Pak Sur. Tapitak satupun yang tahu dimana keberadaan dan rumah beliau, Pak Sur bagaikan ditelan bumi. Seperti merasa ada sesuatu yang hilang, satu sosok ayah yang selalu tulus dan rendah hati dalam menghadapi perjalanan hidupnya.

Dimana pun Pak Sur berada, hanya doa yang bisa kami panjatkan..semoga sekeluarga sehat dan selalu dalam lindungan Allah swt, amien. :)


TAGS syukur indonesia pagi suratman mei 2010


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post