Sumpeh Lo Pemuda :)

29 Oct 2010

Walaupun sedikit telat, telat satu hari aja sih,gpp yaa..sebagai pemudi harapan bangsa yg narsis,aku ucapin “Selamat Hari Sumpah Pemuda (SP)”..

Tapi sumpah ya bloggers *loh koq pake sumpah :) ..aku dan temen-temenku sebenernya kurang memahami loh hari bersejarah tersebut..dimana Hari SP merupakan hari tonggak bersejarah bagi pergerakan kaum Pemuda Pemudi Bangsa Indonesia.

Agar lebih mengenal dan memahami Hari SP tersebut, sengaja aku gugling untuk mencari tahu sejarah asal muasal pergerakan tersebut.

Esensi yang bisa aku terjemahkan dalam bahasa awam adalah bahwa 28 Oktober 1928 merupakan bukti otentik Bangsa Indonesia dilahirkan. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, dari kondisi itulah yang kemudia mendorong para pemuda saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli. Dan kemudian tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Seiring perkambangan zaman yang semakin modern dan individualis, kira-kira pengaplikasian Hari SP seperti apa ya?

Contohnya aku, sebagai karyawan swasta sebuah perusahaan konsultan keuangan di Jakarta, apakah yang bisa aku lakukan dan berikan untuk bangsa. Walaupun terlihat sepele tapi tidaklah semudah yang kita kira. Karena yang paling penting adalah “mengalahkan” keegoisan diri sendiri. Menurut aku cara yang paling sederhana adalah dengan mencintai pekerjaan kita dan bekerja dengan tulus, sehingga output yang kita hasilkan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi bisa juga bermanfaat untuk orang lain.


TAGS IndonesiaUnite sumpah pemuda


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post